Refleksi sebelum Pelantikan Raya ke V Rayon Sunan Cendana dan Rayon Cakraningrat Komisariat STKIP PGRI Bangkalan.

Oleh: De' Ajeng

Rayon sebagai garda terdepan dalam proses kaderisasi PMII yang berfungsi untuk merekrut anggota baru melalui MAPABA serta sebagai ruang aktualisasi diri dalam mengembangkan potensi dan skill kader.

Sebagaimana Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga AD/ART PMII Bab VI tentang tujuan dan Usaha PMII didirikan Pasal 4 yakni  “Terbentuknya pribadi muslim Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur, berilmu, cakap dan bertanggung jawab dalam mengamalkan ilmunya dan komitmen memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia”.

Maka berlandaskan tujuan tersebut Rayon sangat menentukan pada proses keberlanjutan organisasi, karena sangat bersentuhan langsung dengan anggota atau kader dalam proses kaderisasi seutuhnya.

Oleh karenanya dengan adanya Rayon di komisariat STKIP PGRI Bangkalan ini, kita selaku kader untuk senantiasa bergerak dan menambah wawasan pengetahuan, agar cita-cita perintis rayon bisa tercapai dengan lancar.

Pada pelantikan Rayon ke V kali ini, kami selaku panitia pelaksana akan memberikan wajengan baru, dengan tujuan agar terlahir ide-ide baru untuk mengorelasikan sistem kaderisasi di rayon dan kaderisasi yang ada di komisariat maupun cabang PMII bangkalan.

Dengan tema pelantikan "Eksistensi Kaderisasi PMII kabupaten Bangkalan" kami akan menyuguhkan dialog interaktif dengan tujuan agar kader PMII Bangkalan menemukan citra diri kaderisasi PMII Bangkalan yang kongkrit, dan bisa di terapkan nantinya di komisariat maupun rayon masing-masing.

Dialog Interaktif pada kali ini akan dihadiri oleh pakar gerakan di Bangkalan yaitu sahabat Nur Hakim mantan Persma IAIN sunan Ampel Surabaya dan sekarang menjabat sebagai Direktur Kaconk Mahfud Institut (KMI).

Di samping itu senior PMII di kampus STKIP PGRI Bangkalan sahabat Baijuri Alwi akan menemani sahabat Nur Hakim untuk mendiskusikan eksistensi gerakan kaderisasi di kabupaten Bangkalan.

Pada kesempatan kali ini kami juga mengundang ketua I cabang PMII Bangkalan sahabat M. Faizin Zaini, yang mana nantinya ketua I cabang PMII Bangkalan ini akan menjelaskan visi misi ketua cabang PMII Bangkalan Periode 2019-2020 hingga mengupas tuntas sistem kaderisasi di PMII cabang Bangkalan serta penerapannya.

Pesan ketua pelaksana pelantikan ke V Rayon Sunan Cendana dan Rayon Cakraningrat, "Jangan meminta pintar kepada PMII, tapi buatlah diri anda pintar karena PMII, PMII bukan tempat untuk mencari cita-cita, PMII adalah tempat untuk mengasah kemampuan untuk mencapai cita-cita".

Sekali bendera dikibarkan hentikan ratapan dan tangisan, mundur satu langkah adalah bentuk penghianatan terhadap organisasi

Salam Pergerakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar