Hilangnya Peran Seorang Ibu

 



Oleh : Khoirul Anam 

Anggota PMII Rayon Sunan Cendana Angkatan 2021

Ibu adalah tempat dimana seorang anak mendapatkan dengan apa yang disebut kasih sayang. Anak tentu akan di didik dengan perlakuan baik sebaik mungkin oleh sang ibu, selebihnya juga seorang ayah. Tak ada seorang ibu yang tega menelantarkan anak yang merupakan darah dagingnya bukan...? begitupun ayah. Kecuali yang sering kali biasa ditemukan di berbagai macam berita misalnya, bahwa seorang warga menemukan bayi di depan warung makan yang di bungkus dengan kardus. Hal itu adalah pebuatan keji dari seorang perempuan yang telah melakukan persetubuhan dengan laki-laki yang masih belum berstatus sebagai suaminya. Naudzubillah.


Namun, selepas dari hal tersebut keadaan saat ini sangat miris. Dimana seorang anak sekarang sering kali membantah dengan apa yang dilarang oleh sang ibu, dari pada menelaah lebih dalam dengan apa maksud ibu melarangnya mengerjakan suatu hal tersebut. Anak zaman sekarang lebih memilih kesukaannya tanpa mengetahui segi positif dan negatifnya. Seakan-akan ibu sudah tidak memiliki peran lagi untuk mendidik anaknya. Mereka { Anak } dengan sesuka hati melakukan segala macam hal yang menurut mereka itu benar, dan tentunya nyaman.


Kita ambil contoh yang sering terjadi disekitar kita. Di Zaman yang sudah tak lagi sederhana ini, Dan dunia perkomputeran yang sekarang semakin berkembang pesat tinggi, Segala macam hal yang ingin kita { Sebagai anak} lakukan sudah dapat dikerjakan di berbagai tempat manapun, Tak terkecuali dirumah punbisa terlaksanakan. Misalnya, game online { PUBG, MOBILE LEGENSDS, FREE FIRE, dsb }. Saya Yakin, ketika sang ibunda tercinta memanggilnya pasti tak dihiraukan. Bahkan setiap orangpun yang memanggil, jika tidak menyahut jawabannya pasti “Hmm”.


Tak ada yang bisa menebak perilaku seorang anak ketika mereka sudah beranjak dewasa. Bisa saja mereka berperilaku yang tidak sesuai dengan apa yang kita sebagai orang tua harapkan. Sebab mereka berfikir dengan sendirinya, seakan-akan tak mau diarahkan. Namun, anak yang terbiasa dididik dengan baik oleh orang tua dari waktu masih belia, Dapat di pastikan akan bisa menerima arahan-arahan dari orang tua. Sebab orang tua memiliki peran yang sangat penting bagi masa depan anaknya. Karena orang tua adalah guru pertama yang mengajarkan anaknya.


Peran orang tua sangat penting dalam membimbing seorang anak, baik berupa Mendidik dan membimbing anak kejalan yang lebih baik. Seperti menanamkan nilai dan norma pada anak yang sudah mulai luntur. Selalumengawasi anak dengan siapa sang anak berteman. Anak merupakan salah satu anugerah yang diberikan orang Tuhan kepada seseorang. Tanapa seorang anak tidak akan ada keluarga, apabila ada anak makaa suatu keluarga akan sempurna. Akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa memiliki anak itu akan menambahkan beban hidup, belum lagi kebutuhan jasmani dan rohaninya.


Hilangnya peran seorang ibu pasti menjadi pengaruh besar, anak yang tumbuh tanpa sosok ibu dapat membuat anak tumbuh dengan perasaan tidak aman dan kehilangan rasa nyaman. Perasaan ini akan berdampak pada psikologis dan sosial disegala tahap perkembangan anak tumbuh menjadi dewasa.


Perasaan negatif 

Anak mungkin mengalami perasaan kesepian atau tidak berharga, karena anak tidak pernah mendapatkan perawatan dan kasih sayang yang sudah pasti sangat dibutuhkan. Hal ini dapat menyebabkan kemarahan bahkan frustasi.


Perilaku buruk 

Ini termasuk tidak menanggapi arahan orang dewasa. Aturan sosial, membuat tuntutan yang tidak masuk akal, atau menyakiti diri sendiri dan orang lain. Sejatinya ini adalah respons umum terhadap tidak adanya atau kehilangan orang tua atau figur serupa. Kesabaran dan kasih sayang sangat penting dalam membantu anak-anak melewati fase ini.


Memiliki masalah dengan hubungan sosial

Sejalan dengan itu, hubungan sosial anak lainnya mungkin juga terpengaruh. Entah karena kurangnya kepercayaan atau mereka tidak mendapatkan keterampilan sosial yang diperlukan, anak-anak yang kehilangan figur ibu cenderung mengalami kesulitan berhubungan dengan orang lain.


Pun, bukan tak mungkin anak-anak yang tumbuh tanpa sosok ibu bisa jadi mengembangkan ketergantungan pada orang yang tidak seharusnya mendapatkan kepercayaan dan tanggung jawab tersebut.


Peran orang tua begitu penting dalam kehidupan anak. Sejak dinyatakan positif hamil hingga anak tumbuh dewasa, selalu ada peran orang tua di dalamnya. Entah memenuhi kebutuhan anak, mengajari anak berbagai hal, ataupun sekedar menasehati.