Napak Tilas Mahasiswa

Dokumentasi saat kajian 


Malam hari yang pekat, ba'da isya kami menunaikan panggilan senior angkatan ke sekretariat PMII STKIP PGRI Bangkalan. Disana kami langsung diberikan file PDF modul MAPABA Rayon Sunan Cendana dengan tema Bungkamnya Nalar Kritis Mahasiswa.

Selepas itu kami langsung disuruh membaca bagian materi Antropologi Kampus selama 10 menit. kamipun langsung bergegas mencari poin itu dan langsung membaca sampai selesai.

Senior saya langsung menulis kata mahasiswa setelah kami selesai membaca, ia menjabarkan fungsi, tugas mahasiswa dan apa yang harus dimiliki oleh mahasiswa.

Pada pembahasan pertama tentang mahasiswa, ia langsung membuat sebuah kerangka berfikir, selayaknya rumus pohon faktor matematika itu.  Mahasiswa adalah kaum intelektual muda yang belajar di perguruan tinggi dan diharapkan oleh bangsa dan negara. 

Mahasiswa tidak akan terlepas dengan kewajiban yang tertuang dalam Tridharma perguruan tinggi, yakni; pembelajaran, penelitian dan pengabdian. ketiga hal ini tidak cukup belajar di bangku kuliah, perlu diasah diluar bangku kuliah, diskusi seperti yang kita lakukan malam ini adalah jawaban dari Tridharma perguruan tinggi.

Senior tersebut menjelaskan bahwa tiga poin di atas harus diperas kembali atau dijabarkan lebih detail, mengenai pembelajaran; mahasiswa harus membaca, menulis dan berdiskusi. penelitian; mahasiswa harus mengamati hasil bacaan (teori) dan apa yang dilihat berkenaan dengan masyarakat. sedangkan pengabdian; mahasiswa harus bisa mendampingi masyarakat seperti demo, audensi, dan pendampingan personal.

Perguruan tinggi biasanya mengadakan pembelajaran di bangku kuliah yang ditempuh dengan SKS, kuliah kerja nyata (KKN), dan Skripsi. hal ini upaya menyelesaikan kewajiban  kampus yang tertuang Tridharma perguruan, tetapi hal ini akan sia-sia jika mahasiswa tidak melakukan isi penjabaran Tridharma perguruan tinggi sebelumnya.

Di samping itu senior kami, menyinggung beberapa hal wajib yang harus dimiliki oleh mahasiswa, ada tiga hal wajib yang harus dimiliki oleh mahasiswa diantaranya; Bacot/pintar bicara, skill/bakat, dan jaringan/teman. Hal ini akan terus dibawa walaupun sudah alumni dari mahasiswa atau bahasa kerennya saat menjadi masyarakat biasa😁

Tidak akan hilang sejauh kita pulang ke rumah dari lamanya duduk di bangku kuliah jika keharusan yang dimiliki mahasiswa sudah digenggam dalam jari.

Senior kami juga menyinggung kampus : pembahasan mahasiswa selesai, ia mengatakan kampus dan mahasiswa adalah satu kesatuan yang tidak akan terpisahkan, tidak akan ada kampus jika tidak ada mahasiswa begitu pula mahasiswa.

kampus adalah miniatur negara atau negara kecil, karena segala sistem lembaga negara ada didalam kampus, seperti presiden istilah di kampus presma, DPR ada DPM dan MK ada MKM jadi segala struktur pemerintah negara diterapkan di kampus pula.


Di Tulis oleh: Ilyas Ruheyat dan Weni Kader Rayon Sunan Cendana dan Cakraningrat semester satu angkatan 2020

 

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق