Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Foto Dokumentasi Penulis Opini


Manusia mempunyai kemampuan untuk melihat masa depan. Akal pikiran manusia mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan menciptakan teknologi yang diinginkan. Ilmu dan teknologi saling berkaitan erat karena tanpa ilmu tidak ada penerapan baru untuk teknologi dan tanpa teknologi tidak ada yang akan menikmati penemuan ilmu, jadi kita sebagai manusia harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar kita tidak ketinggalan zaman.

perkembangan dan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesatnya. Perkembangan teknologi dan informasi di dunia mengalami kemajuan yang sangat pesat, yang di tandai dengan kemajuan pada bidang informasi dan teknologi, dan bangsa Indonesia merupakan salah satu bangsa yang ikut terlibat dalam kemajuan media informasi dan teknologi, terutama dalam dunia pendidikan.

Dunia pendidikan telah mengalami perubahan signifikan seiring berjalannya waktu. Dulu, pendidikan terbatas pada ruang kelas dan buku teks, tetapi saat ini, perkembangan teknologi telah membawa transformasi mendalam dalam cara kita belajar dan mengajar, Sekarang dalam proses belajar pembelajaran tidak luput dari teknologi contohnya Handphone, komputer, proyektor dll. Hal ini membuat siswa dapat mudah untuk belajar.

Ilmu dan teknologi tidak dapat dipisahkan karena saling berkaitan satu sama lain. Ilmu adalah sumber teknologi yang mampu memberikan kemungkinan munculnya berbagai penemuan dan ide-ide cemerlang bagi siswa. Sementara teknologi adalah terapan atau aplikasi dari ilmu yang dapat ditunjukkan dalam hasil nyata yang lebih canggih. Di karenakan Peranan teknologi pada pembelajaran adalah memfasilitasi terbentuknya hubungan secara kolaboratif dan membangun makna dalam konteks yang lebih mudah dipahami.

Teknologi informasi dan komunikasi telah membuka pintu menuju pembelajaran jarak jauh dan sumber belajar daring yang melimpah. Keunggulan pembelajaran jarak jauh atau daring yakni Bisa menghemat biaya dan waktu, lebih praktis dan flexibel, pendekatan yang lebih sesuai, pengalaman belajar yang menyenangkan, lebih personal, mudah didokumentasikan, ramah lingkungan karena bisa mengurangi penggunaan kertas, dan yang terakhir alternatif selama social distancing.

Tetapi dibalik keunggulan pembelajaran jarak jauh atau daring ada juga kelemahannya yakni Terbatasnya akses internet. Jika siswa berada di daerah yang tidak mendapatkan jangkauan internet stabil, maka akan sulit bagi siswa untuk mengakses layanan tersebut, terkadang juga siswa apatis ketika pembelajaran hal ini dikarenakan saat proses belajar berlangsung siswa bisa melakukan aktivitas lain,Misalnya bermain game, membuka pesan masuk, atau membuka media sosial,sehingga siswa tidak memperhatikan materi yang di ajarkan guru.


Penulis. Khusnul

Anggota PMII Rayon Cakraningrat STKIP PGRI Bangkalan

Editor. Rifani 


ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق