PMII STKIP PGRI Bangkalan, gelar Sekolah Kepenulisan

 

Foto Dokumentasi Kegiatan Kepenulisan PK PMII STKIP PGRI Bangkalan 

Bangkalan, selasa, 15 Agustus 2023- telah terlaksana kegiatan pelatihan sekolah kepenulisan kader PMII(SKKP) yang diadakan oleh PK PMII STKIP PGRI BANGKALAN, diikuti oleh kader PMII STKIP PGRI BANGKALAN. Bertempat di rumah dinas DPRD Bangkalan. 

Latar belakang diadakannya pelatihan ini karena menurunnya minat mahasiswa dalam bidang kepenulisan, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh salah satu panitia kegiatan ini yaitu Sahabat Rifani "Melihat kondisi sosial sekarang, minat kader PMII dalam kepenulisan mulai berkurang sehingga diperlukan pelatihan untuk menumbuhkan kembali minat kader PMII"

Sahabat Rifani juga memaparkan bahwa belakangan ini mahasiswa cenderung kurang tertarik untuk berproses dalam sebuah organisasi karena memakan waktu cukup lama. Mereka lebih tertarik pada program program yang ber-impact langsung terhadap diri mereka sendiri, seperti contoh program student exchange, kampus mengajar dan lain sebagainya. Maka dari itu PMII harus memiliki sebuah program nyata untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Salah satunya dengan mengadakan SKKP, sebagai bentuk pelatihan dasar-dasar kepenulisan yang diperlukan untuk mengolah informasi. Melihat kondisi peradaban teknologi yang semakin maju, pergerakan fisik seperti demo sudah kurang relevan bagi mahasiswa. Maka, pergerakan dengan karya tulis yang berikutnya akan dipublikasikan menjadi suatu hal yang tidak dapat diabaikan pada era ini. 

Terdapat dua pemateri dalam acara tersebut, (nama pemateri pertama) menyampaikan materi esai dan berita. Beliau menyampaikan pada peserta, sebagai pemula dalam menulis sebaiknya fokus pada isi atau pokok permasalahan karya tulis "Tidak perlu memusingkan piramida terbalik dulu, jika bukan ingin jadi pengamat. Karena masalah jenis susunan piramida dan piramida terbalik ini dinilai oleh pembaca" Pungkasnya. Karena beberapa peserta terlihat kurang dapat memahami mengenai peletakan ide pokok dalam materi esai, sedangkan waktu forum terbatas dan pada dasarnya hanya cukup untuk menyampaikan dasar dari materi-materi tersebut. 

Untuk pemateri kedua, (nama pemateri ke-dua) menyampaikan materi tentang puisi. "Pada dasarnya tidak ada teori tertentu dalam membuat puisi. Tulislah sesuai dengan perasaan kalian saat sedang menulisnya" Jelasnya. Tidak ada aturan tertentu dalam menulis puisi,. Ikuti kata hati, menggunakan bahasa sehari hari dan dapat dimengerti sudah cukup bagi pemula. Begitulah pokok dari materi yang disampaikannya pada SKKP. 

Sedangkan dalam pelaksanaannya sendiri, menurut peserta yang bernama junaidi "Acaranya berjalan dengan lancar, namun suasana atau keadaan kurang memadai karena menulis sendiri membutuhkan suasana yang hening sedangkan tempat berlangsungnya acara di pinggir jalan. Memungkinkan suara lalu lalang lalu lintas terdengar dengan jelas. Namun, karena pemateri yang luar biasa, maka semangat belajar kepenulisan tidak berkurang meskipun kondisi tempat yang kurang memadai" Pungkasnya. 

Dengan diadakannya acara ini besar harapan untuk kemajuan kualitas kepenulisan kader PMII. Agar website dan platform online PMII dapat dimanfaatkan secara maksimal. sebagaimana yang disampaikan oleh sahabat samsul arifin "Dengan adanya acara ini, diharapkan kader PMII bisa menulis berita dengan baik dan bagus, bisa menyampaikan informasi, juga dapat memanfaatkan teknologi informasi terkini secara optimal. "

Penulis.  Mahendra, Junaidi, Atiqo, dan Khoirul Arifin.

Editor. Rifani

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق